Inilah Daftar Biji Kopi Terbaik dari Indonesia

gambar tersebut menyebutkan tentang biji kopi terbaik di indonesia gambar tersebut menyebutkan tentang biji kopi terbaik di indonesia

Inilah Daftar Biji Kopi Terbaik dari Indonesia

Indonesia adalah salah satu negara penghasil kopi terbaik di dunia, serta merupakan rumah bagi beberapa pulau yang terkenal dengan kopinya. Ada banyak merek kopi dalam negeri yang memiliki kenikmatan tersendiri.

Ini Dia Jenis Biji Kopi Terlaris dari Indonesia

Beberapa merek kopi tersebut bahkan sudah ada yang di ekspor ke luar negeri sehingga membuat nama kopi Indonesia mendunia. Sebagai anak bangsa, kita patut bangga akan hal ini.

Kopi Gayo Sumatra

Panggang: Sedang

Rasa: Kuat dan kaya, tanah & sensasi rasa rempah

Sumatera adalah pulau penghasil kopi paling terkenal di Indonesia, dan Kopi Gayo adalah salah satu yang terbaik. Kopi Gayo memiliki rasa yang kuat dan berkarakter. Tidak seperti robusta yang cenderung pahit, Kopi Gayo memiliki sedikit sentuhan rasa manis dengan tingkat keasaman yang rendah. Aroma Kopi Gayo kuat dengan sentuhan earthy, nutty dan cenderung buttery ditambah aroma rempah yang wangi.

Kopi Blue Moon Bali

Panggang: Sedang

Rasa: Kaya, sentuhan cokelat, vanila, aroma tanah & rempah-rempah

Selanjutnya adalah kopi yang berasal dari Pulau Dewata, Bali. Kopi Blue Moon Bali membuktikan bahwa Bali bukan hanya sekadar pantai yang indah. Sensasi ledakan rasa akan memanjakan indra perasa Anda saat mencoba secangkir Blue Moon; cita rasa cokelat, vanila, aroma tanah (earthy), dan rempah-rempahberpadu dalam seteguk kopi yang kental dan kaya rasa. Sensasi rasa rempahnya akan tertinggal lama setelah Anda selesai, memberikan pengalaman minum kopi yang memuaskan. Pada kopi ini, sentuhanearthy-nya hampir tertutup oleh aroma rempah yang kuat. Kopi yang selalu laris ini merupakan salah satu kopi Indonesia terbaik yang pernah ada! Setelah Anda mencobanya, Anda akan mengerti.

Mandheling Sumatra

Panggang: Sedang

Rasa: Kaya & kompleks, aroma cokelat masak dan tanah

Sumatra Mandheling mungkin adalah merek kopi Indonesia paling terkenal yang diproduksi di sana. Aroma tanah dan cokelat yang intens dipadukan dengan rasa manis seperti gula merah yang luar biasa di lidah dengan keasaman rendah sehinggatercipta profil yang kaya dan kompleks. Jika Anda penyuka kopi, Anda harus mencoba Kopi Mandheling, yang dianggap sebagai kopi Indonesia terbaik di luar sana!

Taman Dadar Jawa

Panggang: Sedang

Rasa: Seimbang, sentuhan kayu/tanah yang samar, cedar, kacang & cokelat masak

Kopi ini produk eksklusif pulau Jawa. Meskipun sebagian besar orang hanya mengenal campuran kopi Mocha Java, ada banyak kopi single origin yang enak juga di sini. Salah satunya adalah Kopi Jawa Taman Dadar, yang menawarkan kombinasi rasa yang kompleks. Berbeda dengan rasa kopi Indonesia kebanyakan, tingkat keasaman kopi ini lebih tinggi dengan karakter earthyyang tidak begitu mencolok. Sensasi rasa utamanya aroma kayu, dengan sentuhan aroma cedar, kacang, dan cokelat masak. Semua rasa seimbang dan tidak ada satu rasa yang lebih menonjol.

Kopi Toraja Sulawesi

Panggang: Sedang-Gelap

Rasa: Kompleks, aroma buah, cokelat hitam & kayu manis

Tak ketinggalan, Pulau Sulawesi adalah rumah bagi sejumlah kopi berkualitas. Kopi Toraja Sulawesi menawarkan profil rasa kompleks yaitu buah, cokelat hitam, dan kayu manis, dengan tingkat keasaman yang rendah dan rasa manis kayusebagai sensasi rasa utama. Sedangkan sebagai aftertaste, lidah Anda akan merasakan sentuhan rasa cokelat dan rempah-rempah. Ada berbagai aspek yang bisa Anda nikmati dalam secangkir kopi Toraja sehingga Anda tidak akan cepat bosan untuk terus mencicipinya.

Kopi Java Mocha

Panggang: Gelap

Rasa: Seimbang, aroma tanah, rempah-rempah, karamel & cokelat

Kopi ini merupakan campuran kopi tertua di dunia, yang menggabungkan kopi Yaman Mocha dan kopi Arabika Jawa. Namun, banyak campuran komersial Java Mocha sekarang yang mengganti biji kopi dari Yaman dengan biji kopi lain (Ethiopia dan Sumatera). Selain karena alasan praktis, hal ini mungkin juga berkaitan dengan kondisi politik di Yaman yang tidak memungkinkan untuk melakukan kegiatan ekspor impor biji kopi.

Mocha dan Java adalah dua jenis biji kopi pertama dengan karakteristik rasa saling melengkapi. Aroma rempah-rempah dengan sentuhan tanah, cokelat dan sedikit karamel berpadu dengan sempurna dengan rasa asamseperti berry yang tinggi.

Kopi Sulawesi

Panggang: Gelap

Rasa: Kaya, aroma tanah & berry

Satu lagi kopi dari Sulawesi untuk melengkapi daftar ini. Biji kopi yang dipanggang dengan tingkat dark ini adalah salah satu contoh terbaik jika kita membicarakan kualitas biji kopi dan variasi yang berasal dari Sulawesi. Kopi ini mewakili segala sesuatu yang membuat Indonesia dikenal, dan proses pemanggangan dark menonjolkan aroma tanah dan berryyangsempurna. Kopi rendah asam ini memberikan rasa manis kayu di latar belakang sebelum menjadi smooth di akhir. Jika Anda menyukai cita rasa biji kopi yang dipanggang secara dark, Anda harus mencoba kopi ini.

Kopi Luwak

Panggang: Sedang

Rasa: Kaya & buah/manis

Kopi yang paling langka di dunia! Hanya sekitar 500 kilogram yang terkumpul setiap tahunnya, menjadikan kopi ini sebagai kopi termahal di dunia. Mengalahkan beberapa jenis kopi termahal seperti Blue Mountain, La Esmeralda, dan St.Helena Coffee. Kopi Luwak berasal dari biji kopi yang dimakan luwak dan dikeluarkan sebagai kotoran. Kotoran yang berupa biji kopi yang telah mengalami fermentasi di dalam perut luwak inilah yang kemudian diproses menjadi kopi. Kopi Luwak yang paling enak adalah kopi yang ditanam di dataran tinggi Jawa, yakni di pegunungan Sindoro-Sumbing.

Nah itulah daftar biji kopi terbaik yang diproduksi dari Indonesia. Anda bisa mencoba menikmati secangkir kopi dari pilihan biji kopi terbaik di Indonesia.