Jenis Penyakit Pada Hewan Ternak

gambar tersebut menyebutkan jenis penyakit pada hewan ternak  gambar tersebut menyebutkan jenis penyakit pada hewan ternak

Jenis Penyakit Pada Hewan Ternak

Adanya penyakit pada hewan ternak disebabkan oleh tempat atau kandang yang kurang di rawat, serangan infeksius virus, parasit, jamur, dan parasit. Sekarang ini telah ditemukan penyakit pada sapi yang penyebabnya oleh prion. Prion ialah molekul protein yang sudah berubah susunan konfigurasinya. Ada beberapa penyakit ternak yang bisa menurkan ke manusia.

Untuk mencegah terjadinya penyakit pada hewan yaitu dengan melakukan faktor kebersihan, dan sanitasi kandang merupakan pemegang peranan utama dari penghalau serangan penyakit. Untuk menunjang kesehatan hewan ternak perlu adanya komposisi nutrisi yang bagus dan berimbang. Memberikan valsinasi bisa digunakan untuk semua penyakit menular yang sangat beresiko tinggi yang berimbas ke hewan dan juga yang menular ke manusia.

Berikut ini jenis penyakit pada hewan ternak

  1. Brucellosis

Infeksi ini disebabkan oleh bakteri Brucella. Penyakit ini ditandai dengan nyeri sendi, demam, nafsu makan menuru, terterjadinya keguguran saat hewan ternak hamil, anak yang biasanya lahir akan mati atau lahir tetap dalam keadaan yang tidak berkembang secara normal, terjadi pembengkakan pada alat kelamin hewan ternak, mudah lelah yang sampai dihitungan minggu dan bulan. Penyakit ini menular dari hewan ke manusia. Penyakit ini sering ditemukan pada hewan sapi, kambing, kerbau, domba.

  1. Bloat Tympani atau yang disebut Kembung Perut

Penyakit ini ditimbulkan oleh penimbunan gas yang telalu berlebihan di dalam perut. Penyakit ini ditandai dengan pinggang hewan yang sedikit membungkuk, Perut bagian sebelah kiri membesar, nafasnya terlalu pendek-pendek dan sangat cepat. Kalau hewan tersebut tidak segera diatasi dapat membuat hewan tersebut mati.

  1. Penyakit Anthrax atau yang disebut Radang Limpa

Penyakit ini biasa disebabkan oleh Bacillus anthraxis. Penyakit ini ditandai dengan sulit saat bernafas dan sulitnya buang kotoran, demam yang sangat tinggi, tidak mempunyai nafsu makan, terjadi pembengkakan pada dada, perut, rusuk, dan bawah kulit leher hewan ternak. Penyakit ini harus segera diatasi karena sangat membahayakan hewan dan dapat menular ke manusia yang bisa membuat kematian.

  1. Penyakit Mulut dan Kuku (PMK)

Penyakit ini disebabkan oleh virus. Gejalanya dapat dilihat jika hewan ternak mengalami kehilangan nafsu makan, mengeluarkan air liur yang banyak, demam tinggi, terjadinya pelepuhan pada selaput lendir dan gigi hewan. Luka yang ada diantara kuku yang membuat hewan tersebut pincang atau juga tidak bisa jalan sama sekali.

  1. Cacingan

Hal ini disebabkan sama cacing, seperti cacing pita (Taenia solium atau Taenia saginata), cacing hati (Faciola hepatica), dan Haemonchus contortus yang biasanya menyerang para domba. Adapun gejala dari cacingan ini yaitu: selaput lendir mata pucat, mencret, nafsu makan yang menurun,perut buncit.

  1. Scabies atau kudis pada hewan

Penyakit ini disebabkan dari kutu dan kebersihan dari kandang yang kurang terawat. Adapun gejala dari penyakit scabies ini yaitu: gatal-gatal pada bagian kepala, bagian bibir, bagian tubuh yang lainnya, dan nafsu makan yang menurun. Hewan yang biasanya sering menggosokkan tubuhnya ke dinding kandang pada daerah yang terasa gatal. Yang akan muncul bercak kemerahan, timbul bisul, dan akhirnya kulit hewan menebal, setelah itu bersisik, bulunya pun rontok dan menimbulkan keropeng-keropeng.

  1. Penyakit Pink Eye

Pink eye adalah penyakit pada mata akut yang kebanyakan mengenai sapi, domba dan kambing ternak, secara umum bersifat epizootik. Yang ditandai dengan merahnya pada membran transparan mata, dan kotornya pada mata. Penyakit ini ringan, tidak sampai mengakibatkan kematian pada hewan ternak, tetapi jika hewan Anda terkena penyakit ini dapat menimbulkan kerugian yang sangat besar bagi pemilik ternak, karena akan mengakibatkan kebutaan pada hewan ternak, penurunan berat badan hewan ternak dan biaya pengobatan yang cukup mahal. Mikrorganisme menjadi penyebab ditularkannya lewat kontak mata antara ternak peka bersama ternak penderita atau juga oleh serangga yang bisa mentransfer mikroorganisme atau bisa lewat gangguan debu yang berterbangan atau dari berbagai macam sumber lain yang dapat menimbulkan luka pada mata.

Nah itu beberapa jenis penyakit pada hewan ternak yang sering ditemukan. Saat berada dilapangan pasti terdapat banyak penyakit yang mungkin bisa menyerang hewan ternak. Oleh karena itu diharapkan untuk semua peternak menjaga kebersihan dan merawat hewan ternak kalian supaya terhindar dari berbagai penyakit.